Minggu, 21 November 2010

hadits tentang menjaga aurat

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِاللهِ يَقُوْلُ:
لَمَّا بُنِيَتِ الْكَعْبَةُ ذَهَبَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم وعباس يَنْقُلاَنِ حَجَارَةً. فَقَالَ الْعَبَّاسُ لِلنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم: اِجْعَلْ إِزَارَكَ عَلَى عَاتِقِكَ، مِنَ الْحِجَارَةِ. فَفَعَلَ. فَخَرَّ إِلَى اْلأَرْضِ. وَطَمَحَتْ عَيْنَاهُ إِلَى السَّمَاءِ. ثُمَّ قَامَ فَقَالَ “إِزَارِي، إِزَارِي” فَشَدَّ عَلَيْهِ إِزَارَهُ. قَالَ ابْنُ رَافِعٍ فِي رِوَايَتِهِ: عَلَى رُقْبَتِكَ. وَلَمْ يَقُلْ: عَلَى عَاتِقِكَ.

Hadits riwayat Jabir bin Abdullah Radhiyallahu’anhu, ia berkata: Ketika Ka’bah dibangun kembali, Nabi Shallallahu alaihi wassalam dengan Abbas mengangkut batu. Abbas berkata kepada Nabi Shallallahu alaihi wassalam: Letakkan kainmu di pundak untuk alas batu. Kemudian beliau melakukannya, maka beliau tersungkur serta mata beliau memandang ke langit. Sambil berdiri dan bersabda: Kainku, kainku. Lalu beliau mengencangkan kainnya

عَنِ الْمِسْوَرِ بْنِ مَخْرَمَةَ؛ قَالَ:
أَقْبَلْتُ بِحَجَرٍ، أَحْمِلُهُ، ثَقِيْلٍ. وَعَلَيَّ إِزَارٌ خَفِيْفٌ. قَالَ فَانْحَلَّ إِزَارِي وَمَعِي الْحَجَرُ. لَمْ أَسْتَطِعْ أَنْ أَضَعَهُ حَتَّى بَلَغْتُ بِهِ إِلَى مَوْضِعِهِ. فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم: “اِرْجِعْ إِلَى ثَوْبِكَ فَخُذْهُ. وَلاَ تَمْشُوْا عُرَّاةً”

Hadis riwayat Miswar bin Makhramah Radhiyallahu’anhu, ia berkata:
Saya datang memikul batu yang berat, sedang saya memakai sarung yang tipis. Lalu sarung saya lepas sedangkan saya masih memikul batu yang tidak sanggup saya letakkan dan terus (saya pikul) sampai ketempat pengumpulan batu. Lalu Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam bersabda: “ Kemballah ketempat kainmu dan ambilah! Janganlah berjalan dengan telanjang.”

Filed under: Fiqih, Hadits, Haid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FULL NAME :
LAST NAME
E-Mail :
COMMENT